20 IKM Bangka Tengah Terima Penyuluhan Keamanan Pangan

By AR 05 Apr 2018, 21:44:19 WIB Daerah
20 IKM Bangka Tengah Terima Penyuluhan Keamanan Pangan

Untuk memberikan pemahaman dan informasi tentang pentingnya keamanan pangan agar dapat meningkatkan kualitas suatu produk kepada pengelola/pemiliknya, maka Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Bangka Tengah telah melaksanakan kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, kamis (05/04/2018).

Kegiatan diikuti oleh 20 peserta yang merupakan para pelaku usaha sektor industri kecil dan menengah di wilayah Kabupaten Bangka Tengah tersebut dilaksanakan juga bertujuan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh beberapa sertifikasi produk terkait uji keamanan pangan, uji nutrisi produk maupun SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga).

Kepala Disperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah yang diwakili oleh Drs. Dedy Nuryadinata, M.Si selaku Sekretaris Dinas dalam sambutannya mengatakan agar para pelaku usaha dapat memenuhi semua persyaratan untuk melengkapi informasi dalam kemasan agar produk yang dihasilkan dapat lebih baik lagi.

Dedy Nuryadinata juga menyarankan agar para pelaku usaha selau berusaha untuk berinovasi  dan memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan usaha yang dimiliki baik dari segi perizinan dan juga masalah perundang-undangan yang berlaku tentang produk industri pangan.

Sementara Dewi selaku narasumber  dari Balai POM Pangkalpinang menjelaskan materi mengenai  tata cara pengolahan produk pangan yang baik, SSOP-IRTP, Teknologi Pangan Untuk IRTP dan Dasar-dasar Pengawetan Makan.

”Pentingnya peran aktif para pelaku usaha sebagai salah satu sub sistem pengawasan produk  dalam menjaga mutu dan keamanan pangan  yang diproduksi,  agar memiliki nilai jual yang lebih dan tidak membahayakan masyarakat, “ kata dewi.

Dewi juga menjelaskan kepada pengelola/pemilik usaha  agar dapat mengetahui hal-hal tentang tata cara mendapatkan perizinan usaha, cara pengemasan, Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan serta tidak ketinggalan Hygiene Sanitasi untuk P-IRT  itu sendiri.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video