Bupati Dukung Kreatifitas Produk Teknologi Tepat Guna Bangka Tengah

By AR 16 Mei 2018, 21:27:19 WIB Daerah
Bupati Dukung Kreatifitas Produk Teknologi Tepat Guna Bangka Tengah

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM sangat memberikan perhatian dan dukungan terhadap kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan mutu dan kuantitas produksi di berbagai sektor usaha.  Sebab penerapan, pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara tepat guna dapat memberikan nilai tambah pada kegiatan ekonomi masyarakat.

Hal ini dikatakan Bupati Bangka Tengah pada saat kegiatan diskusi dalam pemaparan hasil karya Teknologi Tepat Guna (TTG) masyarakat Bangka Tengah berupa Mesin Produk Penghasil Sagu dan Mesin Peniris Minyak di Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Rabu (16/05).

Dalam kegiatan diskusi yang mengundang para kades/lurah se-Kabupaten Bangka Tengah, dihadiri juga Asisten II, Kepala Disperindagkop-UKM, Kepala Dinsos-PMD, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan serta Kepala Dinas Perikanan, tidak lain bertujuan agar karya Teknologi Tepat Guna (TTG) dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama masyarakat di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Menurut pemaparan M. Soleh tentang Mesin Peniris Minyak dengan merk Daris Spinner yang merupakan hasil karya Posyantek Simpangkatis mempunyai kegunaan untuk meniriskan/mengeringkan minyak sisa yang ada di produk UMKM setelah digoreng, sehingga produk yang dihasilkan akan benar benar maksimal.

Sementara karya lainnya juga dipaparkan oleh Budi Harto dari Posyantek Lubuk Besar berupa Mesin Produk Penghasil Sagu yang berfungsi sebagai mesin penghasil tepung sagu ( Ubi & Rumbia ) serta hasil produk olahan makanan ternak berupa pelet ikan, sentrat untuk ternak sapi atau pelet pakan unggas.

Diakhir diskusi, Bupati Bangka Tengah berpesan agar hasil karya Teknologi Tepat Guna harus mempunyai keunggulan dan kelebihan dibandingkan dengan produk yang sama dipasaran sehingga hasil karya akan berguna bagi masyarakat industri kreatif.

“Alat TTG harus mempunyai kelebihan dan keunggulan, harus ada profil untuk mengetahui kegunaan mesin sehingga ke depan mesin dapat dikembangkan dalam bentuk yang lebih kreatif,” pesan Bupati Bangka Tengah.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video