Diseminasi Fasilitasi Sertifikat Halal di Bangka Tengah

By AR 26 Feb 2018, 22:54:50 WIB Daerah
Diseminasi Fasilitasi Sertifikat Halal di Bangka Tengah

Koba – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Desiminasi Fasilitasi Sertifikat Halal yang dilaksanakan di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, senin (26/02).

Kegiatan diseminasi yang ditujukan kepada pelaku UKM di Kabupaten Bangka Tengah bertujuan agar para pelaku UKM dapat melakukan sertifikasi terhadap produknya dengan mendapatkan fasilitasi dari Dinas Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan diseminasi diikuti oleh 63 peserta yang terdiri dari pelaku UKM untuk Industri Pengolahan Sektor Pertanian, Peternakkan Dan Perkebunan, pelaku UKM untuk Industri Pengolahan Sektor Kelautan Dan Perinakan, pelaku UKM Rumah Potong Unggas (RPU) dan Restoran atau rumah makan di Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diperindagkop-UKM) Kabupaten Bangka Tengah yang diwakili Azwar selaku Kabid Koperasi dan UKM mengatakan bahwa program fasilitasi ini merupakan program Gubernur Babel  dalam meningkatkan daya saing pelaku UKM. Selain itu, program ini untuk mendukung kemajuan pariwisata Babel.

 “Dengan semakin banyak produk UKM dan rumah makan halal di Bateng diharapkan wisata Babel, khusunya Bangka Tengah juga akan semakin maju dan pelaku UKM Bateng semakin sejahtera,” katanya.

Azwar juga mengatakan sertifikat halal memiliki makna penting dalam meningkatkan daya saing produk UKM. Selain itu sertifikat halal juga merupakan bentuk perlindungan pemerintah terhadap masyarakat dalam menkonsumsi makanan.

Sementara Hastuti Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas KUKM Prov Kep Babel  pada saat pembukaan kegiatan mengatakan bahwa dengan adanya  sertifikat halal maka sudah dipastikan produk UKM memiliki standar tinggi. Karena dengan sertifikat halal, produk sudah melewati uji hygienitas dan syariat islam dalam proses produksi produknya.

“Produk yang tersertifikat halal, berarti produk itu sudah memiliki standar yang tinggi karena sudah hygienis dan sesuai syariat Islam. Jadi, lulus sertifikasi halal, produk sudah dijamin aman,” kata Hastuti.

Kegiatan Desiminasi Fasilitasi Sertifikat Halal dari Dinas DKUKM Provinsi Bangka Belitung Tahun Anggaran 2018 di Bangka Tengah menghadirkan narasumber yaitu  Sekretaris Umum MUI Babel Drs. KH. Ahmad Lutfi, Direktur LPPOM MUI Babel Nardi Pratomo, SE dan dr. Bahrun siregar selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video