Disperindagkop Bantu UMKM Terbitkan Sertifikat Halal

By AR 10 Okt 2018, 09:46:05 WIB Daerah
Disperindagkop Bantu UMKM Terbitkan Sertifikat Halal

Keterangan Gambar : Dokumentasi Penyerahan Sertifikat Halal oleh Kepala Disperindagkop-UKM Bangka Tengah


Koba - Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu menerbitkan sertifikat halal bagi produk yang dihasilkan para UMKM di daerah itu.

"Bagi pelaku usaha yang ingin menerbitkan sertifikat halal, baik dalam menyiapkan persyaratan mau pun biaya penerbitan, akan kami bantu," kata Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Bangka Tengah Azwar di Koba, Senin (8/10/2018)

Ia menjelaskan, penerbitan sertifikat halal untuk produk UMKM harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan beberapa persyaratan lainnya.

"Penyuluh kami siap mendampingi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal dan itu sudah dilakukan dalam beberapa tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan menanggung biaya penerbitan sertifikat halal namun dengan jumlah terbatas karena anggaran yang dimiliki terbatas.

"Tentu usaha yang akan dibuatkan sertifikat itu harus melalui seleksi, tidak semuanya diterima karena keterbatasan anggaran yang ada di dinas kami," katanya.

Ia mengatakan, penerbitan sertifikat halal itu juga bisa diurus secara mandiri oleh pelaku usaha, namun bisa juga difasilitasi pemerintah daerah.

Sertifikat halal yang difasilitasi pemerintah daerah itu bisa didapatkan tanpa dikenakan biaya, namun dengan catatan usaha yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi.

Penerbitan sertifikat yang biayanya dibantu pemerintah daerah hanya bersifat stimulan atau pendorong saja karena ke depannya pelaku usaha harus mengurus sendiri secara mandiri.

"Masa berlaku sertifikat halal suatu produk UMKM itu hanya dua tahun, setelah itu mesti diperpanjang. Kami upayakan membantu menerbitkan sertifikat bagi usaha pemula, selanjutnya harus mandiri," katanya.

Sumber : Antara News




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video