Disperindagkop-UKM Bangka Tengah Sosialisasikan Pembiayaan Usaha Bagi UMKM

By AR 18 Apr 2018, 22:05:25 WIB Daerah
Disperindagkop-UKM Bangka Tengah Sosialisasikan Pembiayaan Usaha Bagi UMKM

Koba – Terbatasnya penguasaan dan pemilikan aset produksi terutama permodalan menjadi salah satu kendala bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan usaha.

Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk membantu UMKM, baik dalam bentuk kredit program maupun subsidi bunga.  Namun upaya tersebut sering tidak tepat sasaran dan justru menciptakan ketergantungan.

Berdasarkan argumentasi tersebut, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan sosialisasi kegiatan peningkatan daya saing melalui pembiayaan usaha bagi UMKM di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, rabu (18/04/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan agar dapat meningkatkan aksesabilitas koperasi dan UMKM di wilayah Kabupaten Bangka Tengah ke sumber-sumber pembiayaan, baik perbankan maupun non bank.

Selain itu, kegiatan dilaksanakan dalam upaya mendorong pihak lembaga pembiayaan usaha agar berperan aktif untuk memperkuat permodalan khususnya bagi usaha mikro, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelaku UMKM yang memerlukan dana bagi modal kerja dan investasi dalam pengembangan usahanya.

Pelaksanaan kegiatan dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST yang juga sebagai narasumber dalam memberikan sosialisasi kepada 180 orang peserta dari para pelaku UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Narasumber lainnya yang dihadirkan dalam kegiatan peningkatan daya saing melalui pembiayaan usaha bagi UMKM di Kabupaten Bangka Tengah kali ini juga berasal dari beberapa pihak perbankan yaitu BPRS Bangka Belitung, Bank BRI dan Bank Sumsel Babel.

Dalam kegiatan ini,  juga telah diserahkan 15 sertifikasi halal dari beberapa sektor usaha oleh Kepala Dinas Perindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah, Drs. H. Kaharuddin, M. Si kepada para pemilik produk UMKM di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Sertifikasi halal yang dilaksanakan melalui salah satu kegiatan fasilitasi pemerintah daerah, untuk membantu agar produk maupun jenis usaha para pelaku UMKM mempunyai kepastian status kehalalan. Sertifikasi yang diserahkan terdiri dari beberapa produk olahan ikan,  restoran/rumah makan, rumah potong unggas/hewan serta produk makanan dan minuman.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video