Disperindagkop-UKM Latih Para Pengurus Koperasi di Bangka Tengah

By AR 07 Mei 2018, 21:44:04 WIB Daerah
Disperindagkop-UKM Latih Para Pengurus Koperasi di Bangka Tengah

Koba - Untuk Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepengurusan perkoperasian yang baru dibentuk, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM)  Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Akutansi Koperasi bagi pengurus koperasi di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, senin (07/05).

Kegiatan pelatihan dasar akutansi koperasi diikuti 50 orang peserta selaku pengurus dari 23 koperasi yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Pembukaan kegiatan dihadiri Kepala Disperindagkop-UKM, Drs. H. Kaharuddin, M. Si untuk membuka kegiatan Pelatihan Dasar Akutansi Koperasi yang dilaksanakan selama tiga hari bertempat di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan Pelatihan Dasar Akutansi Koperasi bertujuan agar para pengurus koperasi dapat lebih mengerti dalam menyusun laporan keuangan dan pengelolaan usaha koperasi dengan prinsip akutansi sehingga laporan keuangan koperasi berjalan tertib.

Drs. H. Kaharuddin, M. Si dalam sambutannya mengatakan agar para peserta pelatihan dasar akutansi dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik, karena dengan mempelajari ilmu akutansi dengan baik, maka kepengurusan koperasi juga akan menjadi lebih baik.

“Mari kita mempelajari ilmu akutansi ini dengan baik karena ilmu akutansi ini mahal, dengan mempelajari pelatihan ini dengan baik maka koperasi kita lebih berkualitas”, ajak Kaharuddin kepada para peserta.

Drs. H. Kaharuddin, M. Si juga berharap koperasi yang ada di Bangka Tengah dapat lebih berkualitas sehingga dapat mendukung program Bupati Bangka Tengah menjadi Bangka Tengah Unggul.

 “Saya berharap koperasi yang ada di Bangka Tengah lebih berkualitas sesuai harapan dari menteri koperasi, lebih baik sedikit koperasi tapi berkualitas, kata Kaharuddin.

 “Kita dukung ke inginan Bupati Kita supaya menjadi Bangka Tengah yang unggul karena koperasi kita lebih unggul dari kabupaten lainnya yang ada di Bangka Belitung”, lanjut Kaharuddin.

Narasumber Pelatihan Dasar Akutansi Koperasi kali ini mengundang Bapak Yurnalis dari Balai Pelatihan, Diklat Koperasi dan UKM Propinsi Riau yang akan memberikan beberapa materi antara lain pengertian akutansi, pencatatan kas koperasi, pencatatan pengeluaran koperasi dan dasar akutansi koperasi lainnya.

Yurnalis menjelaskan dalam pelatihan tersebut, para peserta diperkenalkan terlebih dulu tentang pembukuan usaha manual melalui empat tahap, yakni dengan melakukan verifikasi bukti transaksi seperti kuitansi pembelian dan penjualan. Langkah selanjutnya adalah pembuatan jurnal dan memasukkan data transaksi pada buku besar.

Dari buku besar tersebut lanjutnya, peserta diharapkan nantinya dapat mengetahui laporan keuangan seperti neraca, laba dan rugi dari usahanya.

"Mereka kenalkan dulu dengan pembukuan manual melalui empat langkah ini, setelah itu kita tingkatkan pengetahuan peserta agar bisa memasukkan data pembukuan usaha mereka," tutur Yurnalis.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video