Hati-hati Dalam Memilih Daging, Berikut Tips yang Wajib Diketahui Masyarakat

By AR 20 Agu 2018, 20:24:33 WIB Kesehatan
Hati-hati Dalam Memilih Daging, Berikut Tips yang Wajib Diketahui Masyarakat

Klikbabel.com, Koba - Konsumsi daging sapi cenderung mengalami peningkatan jelang Lebaran Idul Adha. Masakan berbahan dasar daging merupakan hal yang wajib menjadi hidangan saat hari raya haji ini. Dokter Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Rahmawati mengatakan, hewan merupakan komoditas yang berpotensi sebagai media pembawa agen penyakit menular yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Oleh karena itu, sebagai konsumen tentunya kita harus dapat memilih dan memilah daging yang layak untuk dikonsumsi." Jadilah konsumen yang cerdas dengan teliti sebelum membeli. Jangan panik karena pemerintah jamin ketersediaan dan kesehatan daging ,'' ujar dia saat temui di kantornya, Senin (20/8/2018).  Menurut Rahmawati, ada beberap tips dan trik dalam memilih daging segar layak konsumsi.

1. Warna Daging

Ciri fisik yang mudah terlihat adalah warna daging itu sendiri. Pilih daging yang masih berwarna merah cerah. "Jangan memilih daging dengan warna yang sudah tidak merah lagi atau pucat, karena bisa berarti daging ini sudah lama dan tidak layak dikonsumsi," jelas dokter

2. Tekstur

Untuk tekstur daging yang masih segar terasa masih kenyal. Tekanlah sedikit bagian daging untuk mengetahui teksturnya. Jika tekstur daging kembali seperti semula setelah ditekan, atau kenyal, berarti daging masih segar. Namun jika daging ditekan tidak kembali seperti semula ataupun lambat kembali maka daging kurang segar.

3. Aroma

Daging yang masih segar memiliki aroma yang segar dan khas atau yang biasa disebut bau daging. "Kalau dagingnya segar pasti bukan bau asam dari dagingnya," jelasnya.

4. Disarankan Pilih Daging Segar Dibanding Daging Beku

Jika bisa membeli daging segar dan langsung diolah/dimasak, mengapa harus memilih daging segar ketimbang daging beku? Membekukan daging bertujuan untuk menjaga keawetan daging. Mungkin saja daging ini awet, namun sebenarnya sudah tidak segar lagi. Apalagi jika proses pembekuannya tidak sesuai standar. Ketika terpaksa membeli daging beku, pilih daging yang proses pembekuannya sempurna.

Penulis  : Faisal
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video