Klinik Kemasan

By AR 27 Feb 2018, 21:30:24 WIB Bidang Layanan
Klinik Kemasan

Dalam dunia pemasaran, keberadaan label produk bisa diibaratkan sebagai sebuah tanda pengenal sekaligus menjadi alat pembeda dari para pesaingnya. Melalui label produk yang digunakan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) menyampaikan informasi kpada calon konsumennya mengenai kualitas, legalitas, brand/logo, petunjuk penggunaan dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang diatur dalam UU No. 7/1996 Tentang Pangan pada pasal 30 ayat 1 mengamanatkan bahwa :

“Setiap orang yang memproduksi atau memasukkan ke dalam wilayah Pangan Indonesia yang dikemas untuk diperdagangkan wajib mencantumkan label, di dalam dan atau pada,di kemasan pangan”

Dan pada PP no. 69 tentang Pelabelan dan Iklan pangan menyebutkan bahwa “adalah setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya atau bentuk lain yang disertakan pada pangan dimasukkan ke dalam, ditempelkan pada, atau merupakan bagian kemasan pangan”.

Pada saat ini persaingan produk tidak hanya pada mutu produk namun sudah lebih mengarah kepada persaingan inovasi label dan kemasan, dimana para konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih produk yang memiliki label dan kemasan yang menari sehingga membuat para pelaku usaha berlomba untuk menghasilkan label dan kemasan yang paling menarik untuk menarik minat para konsumen. Hingga ada pepatah dikalangan pelaku usaha yang berbunyi “konsumen lebih memilih membeli label dan kemasan ketimbang isinya”.

Hingga tahun 2017 jumlah Industri Kecil dan Menengah di Bangka Tengah berjumlah 3.572, dengan rincian 2.500 IKM diantaranya adalah IKM Pangan yakni sekitar 70% dari total IKM yang ada. Dari 2500 IKM Pangan tersebut 40% diantaranya adalah produk pangan berkemasan. Berdasarkan kondisi yang ada maka pada pertengahan tahun 2015 didirikanlah Klinik Kemasan dengan menggunakan dana APBD tahun 2015 sebagai sebuah bentuk pelayanan terhadap tingginya permintaan desain label dan kemasan produk.

Klinik kemasan dijalankan oleh 1 orang tenaga ahli desainer dan 1 orang tenaga administrasi.

Pelayanan yang diberikan oleh klinik Kemasan antaralain adalah :

  1. Jasa Konsultasi label dan kemasan
  2. Jasa layanan desain label dan kemasan
  3. Jasa layanan desain label dan kemasan door to door melalui fasilitasi para Penyuluh Diperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah.

Seluruh layanan diberikan secara GRATIS

Hingga saat ini Klinik Kemasan DIPERINDAGKOP-UKM Kabupaten Bangka Tengah telah melayani desain label sebanyak 300 label IKM. Layanan pembuatan label dan kemasan semakin meningkat setiap tahunnya. Data layanan pembuatan label dan kemasan mulai tahun 2015 hingga 2017 adalah :

Tahun Jumlah
2015 110
2016 170
2017 (Januari) 20

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video