Sambutan Kepala Dinas

By AR 01 Feb 2018, 08:56:37 WIB Profil

Turbulensi perekonomian global dan Indonesia tahun 2015 membawa kekhawatiran bagi sebagian kalangan terhadap kondisi perekonomian tahun 2016. Meski demikian, kita tetap optimis bahwa tahun-tahun kedepan, kondisi perekonomian Bangka Tengah akan semakin membaik.

Perlu dipahami bahwa perbaikan ekonomi kita tidak mungkin terjadi begitu saja. Butuh kerja keras, kerja cerdas, inovasi, kolektivitas dan keberanian untuk membuat perbedaan. Keberanian masyarakat untuk bertransformasi dari pola pikir ‘pertambangan’ ke sektor-sektor usaha lain yang mungkin tidak memberikan hasil instant, namun sustainable.

Dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir, Dinas PerindagkopUKM Kabupaten Bangka Tengah terus berjibaku mendorong tumbuhnya  semangat entrepreneur masyarakat. Pelatihan, pendampingan, penyuluhan hingga pembangunan infrastruktur dan revitalisasi pasar tradisional terus menerus dilakukan.

Terkait pembiayaan usaha UKM, tercatat outstanding dana bergulir tahun 2010-2015 meningkat hampir 8 (delapan) kali lipat menjadi Rp 19,24 Miliar dibanding periode tahun 2006-2010 yang hanya sebesar Rp 2,45 Miliar. Pencapaian ini merupakan bukti nyata totalitas kami dalam mendukung peningkatan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat Bangka Tengah.

Tahun ini dan kedepan, seiring pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN, masyarakat –utamanya pelaku UKMdihadapkan pada era yang semakin kompetitif dan terintegrasi. Kualitas dan daya saing, tidak hanya produk melainkan juga services, sangat menentukan. Karena itu, Dinas PerindagkopUKM Kabupaten Bangka Tengah mengambil inisiatif untuk mendorong penerapan teknologi inovatif bagi UKM Bangka Tengah.

Pelaku UKM Bangka Tengah harus terhubung pada ekosistem digital, harus mengenal e-commerce. Digital marketing harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari business’s life UKM. Karena kami yakin, konektivitas dan kesadaran mengenai manfaat internet akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih cepat.

Akhirnya, semoga dengan diawali perencanaan yang baik, harapan masyarakat akan peningkatan kualitas kehidupan dan kesejahteraan mereka dapat lebih cepat diwujudkan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video