Sertifikasi Halal Sebagai Landasan Pendukung Wisata Halal di Babel

By AR 26 Feb 2018, 22:55:01 WIB Daerah
Sertifikasi Halal Sebagai Landasan Pendukung Wisata Halal di Babel

Koba - Sertifikat halal merupakan amanat Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH).  UU JPH bertujuan untuk memberikan perlindungan, kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian bagi konsumen dalam mengonsumsi dan menggunakan produk halal.

Terjadinya persaingan yang begitu tajam menuntut pelaku UKM untuk dapat menghasilkan produk yang halal dan berkualitas. Karena produk halal akan mampu mendukung program wisata halal di Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hal ini dijelaskan oleh Direktur LPPOM MUI Babel Nardi Pratomo, SE sebagai narasumber dalam kegiatan Diseminasi dan Fasilitasi Sertifikat Halal yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi , Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Bangka Tengah, senin (26/02).

Kegiatan diseminasi diikuti oleh 63 peserta yang terdiri dari pelaku UKM untuk Industri Pengolahan Sektor Pertanian, Peternakkan Dan Perkebunan, pelaku UKM untuk Industri Pengolahan Sektor Kelautan Dan Perinakan, pelaku UKM Rumah Potong Unggas (RPU) dan Restoran atau rumah makan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Sertifikat halal ini bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk UKM.  Sertifikat halal juga untuk mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan muslim ke Bangka Belitung," tuturnya.

LPPOM MUI  Babel mencatat dari ribuan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Babel, hingga tahun 2017 lalu sudah ada sekitar 484 produk yang sudah memiliki sertifikat halal dan akan menargetkan 400 sertifikat halal pada tahap awal tahun 2018.

Menurut Nardi, sertifikasi halal dari LPPOM MUI Babel bukan hanya bersifat lokal, regional maupun nasional, namun telah diakui secara internasional. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menandatangani nota kesepahaman dengan Aladdin Street yang menjadi e-marketplace produk halal di pasar dunia.

“Semua produk UKM bersertifikat halal yang ingin go Internasional dapat menjual produknya di e-commerce Aladdin Street.  Syaratnya kemasan, food safety, higienis dan lain-lain harus baik dan memenuhi standar Internasional,” ujarnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video