Disperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah

By AR 02 Mar 2018, 21:19:34 WIB

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi ujung tombak pembangunan perekonomian, khususnya ekonomi berbasis kerakyatan, di Kabupaten Bangka Tengah. Disperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah dalam tugas pokok dan fungsinya melaksanakan 3 (tiga) urusan, yaitu : Urusan Koperasi dan UKM, Urusan Perindustrian dan Urusan Perdagangan.

Oleh sebab itu, dengan senantiasa berusaha untuk menjawab setiap tantangan yang dihadapi dan mengambil kesempatan atas potensi yang dimiliki, maka pencapaian kondisi perekonomian Kabupaten Bangka Tengah, khususnya ekonomi berbasis kerakyatan, yang diharapkan dimasa mendatang adalah :

  1. Peran sektor Koperasi dan UKM semakin strategis dan dominan dalam menghantarkan penataan struktur pelaku ekonomi Kabupaten Bangka Tengah yang lebih padu dan seimbang, baik dalam skala usaha, strata dan sektoral, sehingga berkembang struktur pelaku ekonomi yang semakin kokoh dan mandiri;
  2. Peran serta sektor perdagangan yang akan bertambah penting, ditandai dengan munculnya keunggulan Ekonomi Kreatif sebagai pemicu inovasi perdagangan tanpa batas, kontribusi sub sektor perdagangan eceran yang semakin signifikan terhadap pembentukan PDRB dan penciptaan lapangan kerja secara luas; dan
  3. Semakin kuatnya keterkaitan antar skala industri dan meningkatnya peran Industri Kecil dan Menengah (IKM) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya lokal secara optimal namun arif dan berwawasan lingkungan.