Disperindag Dan Mahasiswa Promosikan Produk

By admin 10 Des 2017, 22:01:08 WIB Daerah

ANTARA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bangka Tengah, akan menggandeng mahasiswa asal daerah itu dalam mempromosikan produk hasil usaha masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Dalam waktu dekat kami akan berdiskusi dengan para mahasiswa terutama mereka yang kuliah di luar daerah untuk menyamakan visi dan misi," kata Kabid Koperasi dan UMKM pada Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Azwar di Koba, Senin.

Menurut dia, upaya yang dapat dilakukan para mahasiswa tersebut untuk mempromosikan produk unggulan daerahnya yakni dengan memberitahukan keunggulan, manfaat dan kasiat lainnya dari produk itu minimal kepada temannya sesama mahasiswa.

"Dengan cara tersebut diharapkan temannya itu dapat menyampaikan informasi mengenai produk yang dipromosikan kepada rekannya yang lain dan secara otomatis semakin menyebarluasnya informasi keunggulan produk asal Bangka Tengah tentunya akan menguntungkan daerahnya sendiri," ujarnya.

Produk unggulan di Kabupaten Bangka Tengah hasil usaha masyarakat diantaranya yakni terasi udang, madu pelawan, kopiah resam, minyak kayu putih, jamur pelawan, kopiah resam, kain cual, anyaman bambu dan lainnya. UMKM di daerah itu.

Menurut dia, selama ini memang belum terjalin komunikasi yang baik antara para mahasiswa tersebut dengan pemerintah daerah khususnya Disperindagkop dan UMKM sebagai dinas yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan UMKM.

Namun, ke depannya keterlibatan para mahasiswa dalam mendukung pertumbuhan UMKM khususnya di Kabupaten Bangka Tengah mutlak dibutuhkan karena biasanya mahasiswa memiliki jaringan kerja yang luas, sehingga efektif dalam mempromosikan produk tersebut.

"Mahasiswa berperan besar dalam memasarkan setiap produk karena mereka banyak kenalan, sehingga kami meminta agar membantu pemda mempromosikan produk tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, tingginya tingkat persaingan produk dari berbagai daerah di pasaran telah menuntut semua pihak terkait untuk terus berupaya mencari teknik promosi dan pemasaran produk tersebut dengan harapan dapat bersaing dengan produk dari daerah lain.

Untuk itu, katanya, melalui keterlibatan para mahasiswa dalam upaya mempromosikan setiap produk unggulan khususnya dari Kabupaten Bangka Tengah diharapkan ke depannya produk tersebut dapat dikenal di berbagai daerah, sehingga menjadi peluang besar untuk menguasai pasaran.

"Saya berharap ke depannya dapat terjalin sinergisitas antara pemda dan para mahasiswa dalam setiap upaya menggerakkan perekonomian daerah, sehingga ke depannya kehidupan masyarakat di daerah tersebut dapat lebih baik dibandingkan saat ini," ujarnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video