Tingkatkan Jumlah UKM di Bangka Tengah, Bupati Beri Fasilitas Izin Edar dan Sertifikasi Halal Gratis

By admin 05 Mar 2019, 11:11:42 WIB Daerah
Tingkatkan Jumlah UKM di Bangka Tengah, Bupati Beri Fasilitas Izin Edar dan Sertifikasi Halal Gratis

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka peningkatan kapasitas di bidang UMKM dan Koperasi di Bangka Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Tengah menggelar Achievememt Motivation Training (AMT) di Hotel Grand Vella, Senin (4/2/2019)

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menyampaikan, pasca timah, UMKM merupakan alternatif unggulan yang sangat potensial untuk pendorong ekonomi rakyat.

"Dari data Disperindag pada tahun 2018, ada 21.837 jumlah UMKM di Bangka Tengah dan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang cukup banyak yakni 37.315 orang,”jelasnya.

Sambung bupati, berbagai kebijakan sudah dilakukan Pemkab Bateng, agar pertumbuhan sektor UMKM semakin meningkat. Salah satunnya dari segi 17 sektor usaha, seperti meningkatkan produksi UMKM melalui fasilitas alih teknologi produksi, penguatan lembaga dan manajerial UMKM melalui penyuluhan baik oleh penyuluh yang dibiayai oleh APBD maupun kementerian," tutur bupati.

Ia mengatakan, salah satu upaya dalam mendorong pertumbuhan UMKM dengan peningkatan kualitas produk melalui fasilitas perizinan edar dan sertifikasi halal gratis serta fasilitas label kemasan di klinik kemas Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM.

"Pembiayaan dan permodalan melalui program penyaluran dana, sudah bergulir sejak tahun 2019 dan kita turunkan bunganya dari 6% jadi 5% pertahunnya, sehingga peningkatan sarana promosi dan pemasaran melalui E-Commerce serta pameran lokal maupun Nasional, berbagai pelatihan teknis manajemen lainya. Sektor UMKM ini diharapkan menjadi solusi ampuh untuk mengurangi angka kemiskinan di Bangka Tengah ini, yang tinggal 3,57% pada Tahun 2018," ujarnya

Ibnu Saleh melihat kalau semangat geliat UMKM di Bangka Tengah sangat besar. Hal tersebut menunjukkan perkembangan yang sangat positif, apalagi ditambah jumlah produksi UMKM yang semakin meningkat.

"Geliat UMKM semakin membaik, bisa dilihat dari meningkatnya produksi yang dihasilkan oleh pengusaha Getas yang ada di Desa Kurau. Di tahun 2018 lalu ada 34 UMKM Getas dan varian dengan omset mencapai Rp 10 miliar,”ungkapnya.

Karena itu ia mengharapkan, UMKM harus lebih jeli memanfaatkan peluang, baik itu peluang usaha, pasar dan memanfaatkan berbagai fasilitas dan layanan yang diberikan pemerintah daerah.

"Manfaatkan peluang usaha, pasar, maupun layanan yang diberikan pemerintah. Agar usaha bapak-ibu geluti bisa lebih berkembang ke arah yang lebih baik. Harapan saya kedepannya akan banyak bermunculan sentra produksi baru di Bangka Tengah," pungkasnya. (BBR)

Penulis : Faisal, Editor : Kasmir, Sumber :Babel Review

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Kontraktor Listrik

    Dengan adanya program PLN ini dan juga kegiatan usaha lainnya merupakan sebuah kepedulian terhadap ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video